Sabtu, 07 November 2009

Iin afriyanti (kpi 5 C)

107051002443


APAKAH SUKU PEDALAMAN IKUT PEMILU?

Pemilihan umum merupakan sarana unyuk mewujudkan asas kedaulatan rakyat ditangan rakyat sehingga pada akhirnya akan tercipta hubungan kekuasaan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Pernyataan ini diwuhudkan dalam proses perlibatan masyarakat untuk menentukan siapa-siapa saja yang harus menjalankan dan disini mengawasi pemerintahan negara. Karena fungsi utama bagi rakyat untuk memilihdan melakukan pengawasan terhadap wakil-wakilnya.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah semua rakyat sipil harus ikut dalam pemilu?? Bagaimana dengan suku pedalaman?? Apa mereka juga ikut pemilu? Jika iya, apa alsan dari warga pedalaman ikut pemilu? Jika tidak, apapula alasanya?

Setiap warga negara yang telah memenuhi syarat wajib ikut serta dalam pemilu. Di Indoesia terdapat berbagai suku. Salah satunya suku baduy. Baduy terletak di di Kabupaten Lebak, Banten, sekitar 173 km dari jakarta. Ada dua jenis suku baduy yaitu suku baduy dalam dan luar. warga baduy luar sangat antusias untuk ikut pemilu. Lain halnya dengan baduy dalam, mereka menolak iku pemilu karena bagi mereka pemilu tidak penting. Siapapun yang menag tidak ada manfaatnya bagi masyarakt baduy. Sebab kepercayaan adat nereka melarang menggunakan listrik, kendaraan sekolah, bantuan raskin, dan pembangunan jalan. Baduy memilih melestarikan alam dan menolak segala bentuk modernisasi.

Teori yang saya ambil adalah teori artodoksi yaitu sekelompok golongan etnis, ras,suku yang cenderung mempetahankan tradisi lama sehingga yang baru di tolak bagi baduy dalam. Lain halnya dengan baduy luar yang cenderung protestan yaitu sekelompok golongan etnis, ras, suku yang cenderung lebih modern.

Sebagai bukti baduy menolak segala atribut parpol. Hanya di rumah kades atau jaro saja yang tertempel poster dari KPU yang berisi 44 tanda gambar dan nomor peserta pemilu 2009 serta spanduk suksekan pemilu juga dari KPU. Kondisi ini praktis membuat bingung caleg apa yng bisa mereka janjikan. Sedangkan baduy luar mereka mantap dengan pilihan mereka sebagai bukti parpol yang terpilih adalah GOLKAR, dan presiden pilihan mereka adalah SBY.

Tidak mudah memng untuk mempengaruhi suku baduy dalam untuk menyukseskan pemilu, namun suku baduy ini harus tetap dijaga dan di lestarikan untuk memperkaya kebudayaan Indonesia terlebih dengan tradisi mereka yang sangat kuat dan kental. Dan saya sangat kagum dengan suku pedalamn yng sangat antusias mengikuti pesta rakyat sepeti suku badyu luar dan suku-suku pedalaman yang lain, karena mereka juga sangat memikirkan nasib bangsa ini dengan memilih wakil-wakil kepercayaan mereka. Dengan memilih wakil rakyat menjadi bukti awal bahwa semua rakyat berhak mengeluarkan pendapat.

Pemilu sebagai sarana komunikasi bagi rakyat dan pemerintah. Pemilu memang wajib diikuti oleh semua warga negara yang telah memenuhi syarat. Bagi suku yang menjunjung tinggi tradisi dan adatnya patut di lestarikan karena untuk memperkaya budaya. Tidak ada paksaan yang berarti untuk yang tidak mau menyumbang suara, namun sebagai warga negara yang baik mari kita sukseskan pemilu toh semua kembali pada diri kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar